COMMIT - Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bitmap Dan Vector

Gambar digital biasanya dibagi menjadi dua kategori berbeda. Apakah itu Bitmap Files atau Vector Graphic. Jika anda sedang mendalami tentang desain grafis, anda perlu mengetahui perbedaan antara kedua jenis kategori gambar digital tersebut.

Gambaran umumnya adalah, gambar digital dan gambar yang dipindai ( scan ) adalah tipe bitmap atau terkadang disebut juga raster images, sedangkan gambar yang dibuat melalui aplikasi seperti adobe photoshop, illustrator, atau corel draw adalah Vector Graphic ( perhatikan bahwa vector graphic di gambar, bukan di export melalui foto yang umumnya foto tersebut adalah tipe bitmap ).

Secara teknis antara bitmap dan vector ini memiliki perbedaan, namun hasil akhirnya memiliki kesamaan. Secara umum, bitmap biasa digunakan untuk menggambarkan gambar yang mirip dengan manusia, sedangkan vector digunakan untuk membuat logo, gambar abstrak atau kartun. Namun bukan berarti setiap gambar abstrak atau kartun itu adalah tipe vector. Karena pada intinya adalah ketika anda memanipulasi atau membuat gambar baik bitmap ataupun vector, jika anda menyimpan file tersebut dengan format .jpg,.jpeg, .png, artinya anda mengkonversikan file tersebut ke raster images ( bitmap ).

 

Analisa Bitmap Files

setelah anda pusing dengan teori diatas, oke mari kita lihat contoh ini bagaimana anda tahu gambar bitmap

Sangat indah bukan Pemandangannya ?, oh bagaimana kalau kita lihat dua orang yang berada di ujung jembatan tersebut.

 

zoom sebanyak 1000% dan oops!, meskipun dua orang itu terlihat namun gambarnya jadi pecah-pecah. Jika anda perhatikan akan ada kotak-kotak berwarna, contoh anda bisa lihat orang di sebelah kiri mengenakan jaket warna merah, maka akan muncul kotak-kotak berwarna merah yang membentuk jaket orang tersebut. Elemen-elemen ini disebut pixel. Dan tergantung juga pada aplikasi pembuka gambar yang anda gunakan, anda mungkin akan melihat kotak-kotak warna pada gambar tersebut atau gambar yang terlihat samar ( blur ).

Maka dapat disimpulkan bahwa bitmap itu adalah sekumpulan bit ( pixel ) yang membentuk ( map ) sebuah gambar. For your information, sampai sekarang ( kalau tidak salah ) bit adalah satuan/unit informasi terendah/terkecil pada komputer.

Analisa Vector Graphic

Bukankah keren jika anda dapat membuat seni digital ( digital art ) yang dapat diubah ke ukuran apapun tanpa merusak kualitas gambar, mungkin seperti banner, papan billboard atau papan reklame, entahlah itu terserah. Oke, mari kita lihat perbedaan Vector Graphic dan Bitmap ( raster images ) dengan foto dibawah ini

Sebelah kiri adalah gambar vector dan kanan adalah gambar  bitmap, anda pasti tahu perbedaan antar vector dan bitmap sekarang.

Jika anda mengetahui bahwa Gambar bitmap itu terdiri dari sekumpulan bit atau pixel yang membentuk gambar, nah vector itu sekumpulan garis-garis yang membentuk sebuah gambar, mau lihat contoh lagi?

setiap garis ini terdiri dari titik-titik yang saling terhubung satu sama lain, baik seluruhnya terhubung atau hanya sebagian saja yang terhubung menggunakan Bezier

Pada gambar diatas menggunakan dua prinsip, gambar lingkaran sebelah kiri dibentuk dengan menghubungkan sejumlah titik menggunakan garis lurus ( garis lurus ya bukan melengkung ). Lalu gambar lingkaran sebelah kanan dibuat dengan menggunakan 4 titik saja yang dilengkungkan.

Ketika anda membuat dan membuka file vektor di aplikasi seperti photoshop, illustrator atau coreldraw, aplikasi ini diberi tahu serangkaian poin, agak seperti koordinat dalam matematika, memberitahu aplikasi untuk menghubungkan antara titik A dan titik B yang ada garis, dan jika garis itu memiliki kurva dan ke sudut mana kurva berada ( jangan pusing dengan matematika ya ).

 

Conclusion

Mungkin beberapa dari anda tidak menyukai teori dan penjelasan seperti ini, maka agar cepat memahami perbedaan antara vector dan bitmap anda dapat langsung belajar membuat desain grafis baik bitmap maupun vector. 

 

Design Is Intelligence Made Visible.

Enjoy this post? Share It!